Antisipasi Gelaja Demam Berdarah DBD

Wednesday, October 3, 20120 comments

Dr. Widayat Djoko Santoso, Sp.PD dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Ciptomangunkusumo (FKUI/RSCM), menjelaskan, infeksi demam dengue disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan nyamuk Aedes Aegypti.

Ciri khas penyakit ini adalah demam tinggi secara mendadak disertai dengan nyeri kepala hebat, terutama di belakang mata. Demam dengue terbagi menjadi 2 yakni demam dengue (DD) dan demam berdarah dengue (DBD). Demam berdarah dengue merupakan bentuk yang lebih parah dari demam dengue, di mana pendarahan dan syok kadang dapat terjadi yang berujung pada kematian.
"Pasien demam dengue bisa saja kemarin masih terlihat sehat lalu malamnya mendadak demam tinggi. Sedangkan pasien tifoid atau tifus biasanya sebelumnya sudah agak meriang-meriang dan makin lama demamnya makin tinggi,".

Ciri khas lain demam dengue adalah pada hari kelima biasanya demamnya turun. "Tapi hati-hati, demamnya turun tapi bukan semakin baik. Ini merupakan fase yang berbahaya. Sementara pada pasien tifus demam yang turun artinya penyakitnya makin baik," .pasien demam dengue biasanya memiliki tanda bintik kemerahan di kulit.
"Amati juga daerah kulit bekas tusukan jarum, jika ada bintik merah kebiruan yang makin lebar artinya pembuluh darahnya sudah rapuh. Makin lebar bekas merahnya berarti tanda terjadinya perdarahan di bawah kulit," ungkap Widayat yang menyarankan pasien untuk segera lakukan tes darah sederhana bila dalam tiga hari demam tak kunjung hilang.

Berikut ini beberapa Gejala Demam Berdarah yang perlu anda ketahui :
1. Bintik Merah.
Biasanya di awal demam (masa inkubasi) tidak ada bintik merah. Tapi ada pula yang memang tanpa bintik merah. Bintik merah bisa dibedakan dengan bintik merah akibat alergi. Bintik merah DBD biasanya lebih terlihat permanen, warna merah terlihat berada di bawah lapisan kulit luar.
2. Panas Tinggi.
Panas bisa turun naik atau bisa juga tidak turun sama sekali sepanjang hari.
3. Menggigil dan Terasa Ngilu Tulang.
Rasa dingin sekujur tubuh dan ada titik tertentu di salah satu bagian tubuh yang paling terasa ngilu menusuk tulang.
4. Feses Mengeras dan Berwaran Hitam.
Gejala ini terlihat jika trombosit sudah mulai rendah, berada di bawah ambang normal (150 ribu – 500 ribu). 5. Trombosit Menurun.
Bisa dites darahnya di laboratorium terdekat.
6. Sakit mata saat melirik.
Melirik ke kiri atau ke kanan terasa sakit.
7. Tengkuk sakit.Kadang terjadi pula pembengkakan tengkuk.

Anda Perlu Memperhatikan Gejala-gejala diatas, Jika Gejala-Gejala Diatas terdapat Pada Diri Anda Atau Keluarga Anda, Segera Periksakan Ke Dokter.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | wartaONETV | wartaONETV Blog
Copyright © 2011. WARTAONETV - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by WartaONETV Template
Proudly powered by Blogger Privacy Police